Powered by Blogger.

Contoh Proposal Permohonan Beasiswa Kuliah

MOHON BANTUAN TAMBAHAN BIAYA UNTUK MENGIKUTI PERKULIAHAN DI AL-AZHAR KAIRO MESIR


PENDAHULUAN
Alhamdulillah, ucapan rasa syukur  saya kepada Allah SWT, yang telah membukakan jalan kepada saya untuk dapat melanjutkan pendidikan ke Al-Azhar Cairo Mesir.

Rasa syukur yang saya pahami adalah mampu memanfaatkan sesuatu yang dianugrahkan Allah SWT menurut kehendaknya. Agar sesuatu yang baik akan menjadi lebih baik lagi bagi yang mensyukurinya, terutama dari segi hakekat, nilai, wujud, dan manfaatnya dimasa yang akan datang.

Menyadari bahwa kepercayaan yang diberikan kepada saya tersebut merupakan suatu amanah yang harus saya buktikan secara bertanggung jawab, sementara dukungan moril dan ekonomi dari keluarga tidak mencukupi. Untuk itu, maka saya harus memikirkan segala sesuatu sumber dana tambahan biaya dalam melaksanakan aktivitas perkuliahan. Seperti, peralatan perkuliahan, buku-buku panduan perkuliahan, transportasi dan sebagainya.

Untuk itu saya mohon bantuan kepada Bapak Gubernur Aceh kiranya berkenan memberikan bantuan tambahan kepada saya, agar saya dapat melaksanakan perkuliahan secara optimal.

DASAR PEMIKIRAN
Dewasa ini, masalah peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi topik pembicaraan yang menarik dan berkelanjutan, tidak hanya pemberitaan di media massa, tapi juga menjadi pembahasan dalam diskusi dan seminar yang dilakukan kelompok masyarakat.

Harus diakui, maupun kulturalisasi peran sumber daya manusia sangat penting dan cukup menentukan serta menjadi prioritas sendiri, maka perlu merealisasikannya dengan memberikan perhatian dan pembinaan yang serius pada sektor intelektualitas. Perhatian khusus adalah penekanan motivasi para kader generasi muda daerah untuk terus melanjutkan jenjang pendidikannya secara kontiniutas dalam rangka meningkatkan kemampuan intelektualisasinya serta mampu beraktivitas secara profesional yang tinggi sehingga mereka dapat membuktikan eksistensinya sebagai “Khalifah fil Ardh“dimanfaatkan secara optimal.

Oleh karena itu, semua pihak instansi maupun kelompok masyarakat diharapkan dapat melakukan aktivitasnya secara nyata dalam rangka mencapai tujuan itu. Selayaknya kita berbuat riil dengan kemampuan yang dimiliki baik secara materi maupun non materi.

Disatu sisi disadari pula bahwa peningkatan SDM ini dalam realita pelaksanaanya dirasakan sangat berat karena disamping membutuhkan biaya yang banyak juga memakan waktu yang lama. Untuk itu kita semua dituntut untuk mempunyai tekad yang sungguh-sungguh dan semangat juang yang tinggi serta menyatakan pendapat yang sama, keinginan yang sejalan bahwa peningkatan kulitas SDM merupakan suatu yang sangat penting dan menjadi tanggung jawab kita bersama.

Untuk itu dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas perlu melakukan beberapa langkah strategis, diantaranya melalui jenjang pendidikan formal. Maka perlu disadari bahwa kualitas kemampuan intelegansi serta cara berfikir (thinking)seseorang sangat dipengaruhi oleh tingkat pendidikan yang telah dilaluinya. Semakin tinggi jenjang pendidikan seseorang, sudah barang tentu semakin tinggi kemampuan berpikirnya, karena sulit untuk dibantah, bahwa dunia pendidikan dapat mengembangkan kemampuan berpikir dan kecerdasan seseorang serta diharapkan mampu memanfaatkan sarana yang ada mengolah sumber yang tersedia dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat banyak.

Dan Tidak dapat dipungkiri, khususnya putra daerah ACEH tidak kalah bersaing dengan potensi mahasiswa daerah lainnya dalam berkompetisi, serta juga peran sumbangsihnya sebagai intelektualitas muda demi kemajuan bangsa Indonesia dan Propinsi Aceh khususnya. Oleh karena itu, saya sebagai Putra Daerah Aceh memiliki beban untuk dapat menjaga dan membawa nama baik Propinsi Aceh di pentas internasional, seperti sekarang ini.

MOTIVASI
Motivasi yang memberanikan saya mengambil keputusan mengikuti kuliah tersebut adalah :
  1. Dorongan dari nilai keislaman yang saya serap dari pemahaman alqur’an bahwa nasib seseorang ditentukan oleh pribadi yang bersangkutan, dan Allah sangat mencintai hambanya yang bekerja keras dan berjuang dalam menuntut ilmu,serta membebaskan dari segala bentuk kezholiman.
  2. Terbukanya peluang yang mendorong saya untuk mensyukurinya. Jika tidak saya takut menjadi hamba yang kufur yang dapat lebih menyengsarakan hidup dimasa yang akan datang.
  3. Mengingat biaya yang dikeluarkan semakin meningkat, yang menjadi beban pikiran bagaimana cara menutupinya.


NAMA DAN TUJUAN
Nama   : Program Strata 1 ( S1 ) Fakultas Syariah Jurusan Islamiyah.
Tujuan :
Tujuan saya mengajukan proposal ini kepada bapak bertujuan sebagai berikut :
  1. Memohon doa restu, dorongan, dan motivasi Bapak Gubernur Aceh beserta seluruh jajarannya untuk dapat tercapainya rencana dan cita-cita saya melanjutkan pendidikan/kuliah di Al-Azhar Cairo Mesir.
  2. Agar saya dapat melaksanakan perkuliahan dengan sebaik-baiknya serta mendorong saya untuk dapat melakukan yang terbaik.
  3. Menghindari kemungkinan alternatif lain yang dapat menyita pemikiran, waktu dan tenaga untuk memenuhinya.
  4. Waktu senggang perkuliahan rencananya saya gunakan untuk meningkatkan pengetahuan keislaman saya.


TEMPAT DAN WAKTU
Tempat                                           : Universitas Al-Azhar Cairo Mesir
Beasiswa yang diharapkan selama      
Target Waktu Penyelesaian                

Biaya Pendidikan
Biaya pendidikan diperkirakan sebesar Rp77.200.000,- (TUJUH PULUH TUJUH JUTA DUA RATUS RIBU RUPIAH), dengan perincian sebagaimana terlampir.

Dengan tanpa menghilangkan rasa hormat saya kepada Bapak, dengan ini saya mencantumkan biodata saya, apabila nantinya proposal ini dikabulkan oleh Bapak.

Nama                                      : 
Tempat / Tanggal Lahir           : 
Alamat                                   
Nomor HP                               : 
Nomor HP Orang Tua              : 

LAMPIRAN
Bersama ini sebagai bahan pertimbangan turut saya lampirkan :
  1. Pengumuman Hasil Seleksi Tahap I Universitas Al-Azhar Mesir Tahun 2011
  2. Pengumuman Hasil Seleksi Tahap II Universitas Al-Azhar Mesir Tahun 2011
  3. Fotocopy Ijazah MAN Model Banda Aceh
  4. Fotocopy KTP
  5. Fotocopy Paspor
  6. Fotocopy Kwitansi Visa dan lain-lain


PENUTUP
Demikianlah proposal ini saya sampaikan kepada Bapak atas perhatian dan bantuan Bapak sangat saya harapkan. Semoga Allah SWT memberikan rezki yang barokah serta dapat menjadikan amal jariyah bagi Bapak khususnya. Amin Ya Robbal A’lamin.

Wabillahi taufiq wal hidayah wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.
                                                                                    Jakarta, 26 September 2011
                                                                                                        Hormat Saya,


                                                                                                        
RINCIAN PERKIRAAN ANGGARAN PENDIDIKAN KULIAH DI AL-AZHAR CAIRO MESIR
Rincian perkiraan anggaran pendidikan kuliah di Al-Azhar Cairo Mesir Strata 1 (S1) selama 8 (delapan) semester adalah sebagai berikut :
No.
Jenis kebutuhan
Jumlah kebutuahan per bulan
Biaya per semester
Total per tahun
1
Perlengkapan perkuliahan
Rp100.000
Rp600.000
Rp1.200.000
2
Transportasi
2 kali x Rp5000 x 30 hari   = Rp300.000
Rp1.800.000
Rp3.600.000
3
Buku-buku panduan
±Rp600.000/semester
Rp1.200.000
4
Makan
3 kali x Rp10.000 x 30 hari = Rp900.000
Rp5.400.000
Rp10.800.000
Jumlah Biaya Yang Dibutuhkan Per Tahun
Rp16.800.000
Jumlah Biaya Yang Dibutuhkan 4 Tahun Pendidikan
Rp67.200.000
Transportasi Banda Aceh - Jakarta
Sekali Jalan
Rp1.000.000
Transportasi Jakarta - Mesir
Sekali Jalan
Rp6.000.000
Biaya Pengurusan Visa dan Lain-lain
Rp3.000.000
Total Keseluruhan
Rp77.200.000
Terbilang : Tujuh Puluh Tujuh Juta Dua Ratus Ribu Rupiah


2 comments:

  1. Ini berapa lama uangnya cair?!

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete