Powered by Blogger.

Contoh Permohonan Beasiswa Pendidikan Luar Negeri

PERMOHONAN BEASISWA PENDIDIKAN MAHASISWA JOGJA DI AL-AZHAR KAIRO MESIR

I. PENDAHULUAN
Alhamdulillah, ucapan rasa syukur  saya kepada Allah SWT, yang telah membukakan jalan kepada saya untuk dapat melanjutkan pendidikan ke Al-Azhar Kairo Mesir.

Rasa syukur yang saya pahami adalah mampu memanfaatkan sesuatu yang dianugrahkan Allah SWT menurut kehendaknya. Agar sesuatu yang baik akan menjadi lebih baik lagi bagi yang mensyukurinya, terutama dari segi hakikat, nilai, wujud, dan manfaatnya dimasa yang akan datang.

Menyadari bahwa kepercayaan yang diberikan kepada saya tersebut merupakan suatu amanah yang harus saya buktikan secara bertanggung jawab, sementara dukungan moril dan ekonomi dari keluarga tidak mencukupi. Untuk itu, maka saya harus memikirkan suatu sumber dana/biaya dalam melaksanakan aktivitas perkuliahan. Seperti, peralatan perkuliahan, buku-buku panduan perkuliahan, transportasi dan sebagainya.

Untuk itu saya mohon bantuan kepada Bapak Gubernur Jogja kiranya berkenan memberikan bantuan tambahan kepada saya, agar saya dapat melaksanakan perkuliahan secara optimal.

II. DASAR PEMIKIRAN
“Barang siapa yang keluar mencari ilmu maka dia berada di jalan Allah (fisabillah) sampai dia pulang” (alhadis)

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT. Pencipta alam semesta, Rabb yang selalu pengasih dan penyayang terhadap seluruh hamba-Nya. Dialah yang menanggung segala rezeki seluruh makhluknya.

Shalawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad Saw sebagai rahmat bagi seluruh alam. Yang menerangi alam semesta dengan risalah Islam yang tidak pernah pudar hingga akhir zaman.

Pendidikan adalah hal yang sangat crusial dalam kehidupan seseorang. Sebuah bencana besar seandainya suatu kaum tidak pernah mengecap pendidikan. Apalagi Islam yang meletakan pendidikan di front terdepan untuk memajukan agama dan kaum muslimin. Islam selalu menganjurkan manusia untuk berpikir dan terus mempelajari khazanah ilmu. Pendidikan harus menjadi jiwa dan tujuan setiap individu, apalagi tantangan modernitas di abad XXI yang terus menuntut kita bersaing di segala bidang.

Sisi agama selalu menjadi peran utama di Jogja. Mulai dari masa kesultanan sampai sekarang, Islam menjadi rujukan dalam segala hal.  Permasalahan modern terus  berkembang seiring dengan berkembangnya zaman sehingga perlu sarjana-sarjana muslim yang bisa menyelesaikan permasalahan kontemporer sesuai dengan hukum Islam yang murni. Azhar merupakan Instansi pendidikan yang selalu memperhatikan perkembangan hukum di zaman modern.

Komunitas mahasiswa/i  Jogja Besar di Timur Tengah yang kini sedang belajar di Mesir, merupakan komunitas akademis yang sedang mendalami ilmu pengetahuan di bidang agama. Suatu saat nanti  bisa menjadi harapan masyarakat Jogja Besar dan berperan dalam kemajuan bangsa dan negara. Disamping itu, sebagai mahasisiwa ataupun mahasiswi selalu mengalami kendala di bidang financial dalam menyukseskan studi akademis mereka, apalagi dengan meningkatnya biaya hidup di Mesir pasca konflik. Semoga dengan itu bisa meningkatkan semangat belajar mereka dengan harapan dikemudian hari bisa berbakti dan menyalurkan ilmu-ilmunya pada masyarakat Jogja Besar. Amin.

III. KONDISI DI MESIR
Mesir merupakan Negara yang sangat di minati oleh para penuntut ilmu. Mahasiswa terus berdatangan dari berbagai belahan bumi pada setiap tahunnya dengan tujuan utama menggali ilmu Islam dari sumber asli. Tak terkecuali Indonesia, mahasiswanya terus bertambah setiap tahunnya. Sehingga sekarang mencapai sekitar 4000-an.

Jogja besar merupakan bagian dari Indonesia, putra Jogja Besar sudah mulai menuntut ilmu di Mesir sejak tahun 1989. Kuantitas mahasiswa Jogja Besar selalu bertambah dari tahun ke tahun sehingga sekarang mencapai 42 orang, hal ini membuktikan masyarakat Jogja Besar masih memiliki kepercayaan besar terhadap lembaga pendidikan di Mesir, khususnya di Al-Azhar. Oleh karena itu, jumlah mahasiswa Jogja Besar di Mesir diprediksikan akan terus bertambah.

Sebagai seorang mahasiswa yang menempuh studi di luar negeri, tentu selalu mengalami berbagai rintangan dan halangan apalagi pasca revolusi Mesir, terutama dalam hal finansial, pada dua tahun terakhir ini universitas Al-Azhar telah mengenakan biaya kuliah untuk seluruh mahasiswa/i, begitu juga dengan harga sewa rumah (kost) yang selalu mengalami kenaikan harga sewa dari tahun ke tahun. Maka dalam rangka memudahkan proses studi dan meringankan beban hidup  selama menjalankan proses studi di negeri Para Nabi. Saya berniat mengajukan satu bundel proposal ini semoga mendapatkan titik cerah dan pendorong finansial selama studi.

IV. LAMPIRAN
Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak, berikut ini saya lampirkan :
1. Biodata
2. Rekapitulasi Dana
3. Surat Keterangan Pendidikan dari KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) Kairo
4. Tashdiq (Surat Keterangan Kuliah)
5. Tadarruj Dirasi
6. Ishal
7. Transkrip Nilai
8. Foto Copy Paspor
9. Pas Foto
10. Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga
11. KTP (Kartu tanda penduduk)
12. Sejumlah Sertifikat, dll.

V. PENUTUP
Demikianlah proposal ini saya sampaikan, Semoga Allah swt mengabulkan harapan ini, dengan membukakan pintu keikhlasan dalam hati bagi hamba-Nya, untuk berkenan memberikan perhatian yang penuh kepada para akademisi yang sedang menempuh study di Mesir yang Insya Allah menjadi Amal Jariah bagi mereka dan semoga pahalanya terus mengalir sampai hari Akhir nanti. Amin Ya Robbal A’lamin.

Wabillahi taufiq wal hidayah wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.
                                                                                                Banda Jogja, 26 Oktober 2012
                                                                                                               Hormat Saya,


                                                                                                              Raystaycool


BIODATA

Nama                           :
TTL                             :
Alamat di Mesir          Bld: 13, Flat. 2, Syalaby, Distrik: Matariah, Cairo, Egypt
Pekerjaan                     :
Nomor paspor             :
Nomor Hp                   :
Nama orang tua
Ayah                           :
Ibu                               :
Alamat di Jogja           :



RINCIAN PERKIRAAN DANA PENDIDIKAN KULIAH DI AL AZHAR KAIRO MESIR
Rincian perkiraan dana pendidikan kuliah di Al-Azhar Kairo Mesir Strata 1 (S1) selama 8 (delapan) semester adalah sebagai berikut :

No.
Jenis Kebutuhan
Kebutuhan perbulan
Jumlah Pertahun
1
Biaya Transportasi
Rp225.000 x 12
Rp2.700.000
2
Living Cost
Rp450.000 x 12
Rp5.400.000
3
Diktat Kuliah

Rp750.000
4
Biaya kuliah pertahun
Rp750.000
5
Biaya Tak Terduga
Rp1.500.000
Jumlah dalam satu tahun
Rp11.100.000

4 comments: