Powered by Blogger.

5 Kebiasaan Cerdas Menjadi Penulis

Menjadi penulis hebat sebenarnya bukanlah impian yang sulit untuk dicapai asalkan kita mau sungguh-sungguh untuk mencapainya. Sayangnya kebanyakan orang hanya pandai bermimpi tapi tidak kunjung membuat rencana mewujudkan impiannya. Bagaimana seseorang bisa menjadi penulis yang hebat, jika kebiasaan sehari-harinya tidak menunjukkan kebiasaan para penulis hebat.

Setiap penulis hebat memiliki kebiasan-kebiasan cerdas yang membuat tulisan mereka disukai oleh para pembaca. Jika kebiasaan-kebiasaan ini bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, maka peluang untuk menjadi penulis hebat akan jauh lebih besar dan tentunya lebih cepat dicapai.

Berikut Ada lima kebiasaan yang cerdas untuk menjadi penulis hebat

1. Menulislah untuk orang lain
Ketika pertama kali saya menulis, saya melakukan apa yang kebanyakan orang lakukan. Saya duduk di depan komputer dan saya mulia menulis apapun yang ada di dalam otak saya.  Saya mencoba mematuhi segala hal yang telah pelajari tentang teknik menulis. Saya menulis segala apa yang saya rasakan dan saya sukai. Kalau saya lagi suka belajar gitar saya menulis tentang gitar, kalau saya lagi suka tentang ilmu komputer saya menulis tentang ilmu komputer. Saking semangatnya terkadang saya lupa waktu, hingga saya menjadi jarang tidur dan sering merasa lelah. Setelah marasa lelah kemudian saya  tidak menulis untuk beberap lama bisa sampai berhari-hari.

Kebanyakan orang mulai menulis dan mempublikasikan tulisannya lewat blog pribadi. Saya pun melakukan hal itu. Tapi saya berpikir dengan hanya menulis rutin diblog saja, tidak akan menjadikan saya menjadi penulis hebat. Seorang penulis hebat tidak menulis untuk dirinya sendiri, tapi dia menulis untuk orang lain, karena apapun yang ia tulis akan dibaca oleh para pembaca. Jadi orientasi seorang penulis hebat adalah manfaat apa yang bisa diambil pembaca dari tulisan yang ia buat.

Dengan kata lain, Untuk menjadi penulis hebat, Anda harus belajar bagaimana menulis untuk orang lain. Anda tidak bisa hanya menulis apa yang Anda rasakan seperti menulis buku pribadi. Anda harus belajar untuk menulis apa yang orang lain ingin membacanya.

2. Menulis sesuatu yang baru setiap hari
Menulis sesuatu yang baru setiap bukan pekerjaan yang mudah. Karena dibutuhkan imajinasi dan daya kreativitas yang tinggi dari para penulis. Menulis sesuatu yang baru ini, bisa menulis ide yang benar-benar baru, atau memodifikasi ide atau tulisan yang menjadi sesuatu yang baru.

Kenapa harus menulis sesuatu yang baru karena pembaca  lebih suka terhadap informasi yang baru. Kalaupun tulisan Anda bukan ide yang baru maka Anda tidak usah khawatir karena Anda bisa memberikan sentuhan pada tulisan lama tersebut,caranya dengan melakukan improvisasi dari segi gaya bahasa maupun pengembangan idenya,  sehingga akan nampak lebih baik dan lebih enak dibaca.

3. Mulailah dari menulis cerita pendek atau artikel
Ketika Anda pertama kali belajar menulis, tulislah apa yang paling sederhana dulu sebelum Anda mulai memikirkan membuat buku atau pun novel. Hal ini penting kita lakukan untuk membentuk kebiasaan menulis dan melatih intuisi kita sebagai penulis. Tidak bisa disangkal bahwa dengan semakin banyak menulis kita akan Jauh lebih mudah menemukan passion kita dalam menulis.

Intinya tulisan pendek entah itu artikel atau cerpen adalah latihan yang baik sebelum Anda membuat buku atau novel. Dengan semakin banyak menulis kita juga bisa membuktikan bahwa diri kita layak menjadi seorang penulis hebat.

4. Uji Ketrampilan Anda 
Ketiak Anda merasa sudah sering menulis, maka langkah selanjutnya adalah mencoba menguji kualitas tulisan Anda dengan mengirimkannya ke media cetak. Ketika tulisan Anda ditolak maka Anda harus berlapang dada dan menerima bahwa tulisan Anda mungkin belum memenuhi standar kulitas media yang menolak naskah Anda. Dari itu lakukanlah evaluasi terhadap tulisan Anda, kemudian Anda coba kirimkan lagi. Jika tulisan Anda diterbitkan, berarti kualitas tulisan Anda sudah jauh lebih baik.Semakin banyak tulisan Anda dipublikasikan maka Anda akan semakin hebat.

 5. Jangan terpaku pada persoalan teknis
Satu hal yang saya tahu para penulis hebat selalu mengjarkan kepada kita untuk terus menulis. Teruslah menulis, karena dengan begitu dengan sendirinya kita akan mampu menulis lebih baik. Bahkan Anda tidak akan pernah peduli dengan teknis-teknis menulis yang ada. Satu hal yang perlu kita ingat menulis itu jangan terlalu menggunakan logika kiri karena hal itu akan menghambat imajinasi Anda. Gunakanlah logika kanan Anda dengan begitu Anda akan lebih baik dalam mengembangkan ide untuk menulis.


0 comments:

Post a Comment